Bupati Pasaman: "Rumah Sakit Pratama" Kebutuhan Masyarakat Pelayanan Kesehatan Lebih Baik

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN -- Bupati Pasaman H Yusuf Lubis, meresmikan Rumah Sakit Pratama (RSP) yang terletak di Nagari Padang Gelugur, Kecamatan Padang Gelugur, Kabupaten Pasaman, Senin (25/03/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Pasaman, Amdarisman mengatakan RS Pratama ini merupakan Rumah Sakit kedua di Sumatera Barat setelah pertama di Tapan, Pesisir Selatan.

"RS Pratama ini dibangun berdasarkan Permenkes nomor 24 tahun 2014 dengan tujuan untuk menjamin ketersediaan dan meningkatkan aksesbilitas masyarakat terhadap pelayanan kesehatan tingkat kedua. Semoga bisa menjadi jawaban atas ketersediaan layanan kesehatan masyarakat kita khususnya bagian utara sebelum ke RSUD Lubuk Sikaping," kata Amdarisman.

Amdarisman mengatakan saat ini RS Pratama Pasaman itu sudah dilengkapi dengan peralatan kesehatan dan sarana serta prasarana lainnya untuk menunjang operasionalnya.

"Sedangkan untuk tahun 2019 ini sudah dianggarkan untuk pembangunan IPAL, Apotik, Incenerator, Ambulance dua unit, dan fasilitas penunjang lainnya. Kemudian juga didukung 33 orang tenaga kesehatan untuk tahap pelayanan umum medik dan masih kekurangan tenaga kesehatan sebanyak 47 orang lagi. Akan tetapi seiring beroperasinya RS ini secara perlahan seluruh kekurangan yang ada akan kita tutupi,"tukasnya.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengatakan lahirnya RS Pratama tersebut berdasarkan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang lebih dekat dan lebih baik.

"Untuk itulah ditetapkan lokasinya di tempat ini, sehingga diharapkan menjadi tempat pelayanan kesehatan yang dekat, cepat, tepat dan sehat bagi masyarakat Pasaman khussunya daerah Rao Utara, Rao, Mapattnggul, Mapattunggul Selatan, Rao Selatan, Padang Gelugur dan sekitarnya,"kata Yusuf Lubis di acara peresmian RS Pratama Pasaman tersebut, Senin (25/03/2019).

Bupati Pasaman Yusuf Lubis mengharapkan kepada Dinas Kesehatan dan seluruh personil RS Pratama, mari kita laksanakan pengoperasian RS ini dengan senantiasa berpegang pada motto kita “Tertib, Disiplin, Berbunga, Komitmen dan Ikhlas” karena apabila kita dapat bekerja dan melayani dengan motto tersebut, maka pelayanan yang kita berikan akan selalu memberi rasa puas bagi masyarakat yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Pratama ini. 

Bahkan disekitar lokasi ini pada tahun 2019 akan dibangun Hall Sport Center dengan dana sebesar 6 Milyar sebagai sarana dan wahana bagi masyarakat untuk berolah raga, tambah Bupati.

Editor: Anto

  • Whatsapp

Index Berita